Laman

بسم الله الرحمان الرحيم Ibnu Mas’ud tentang pengertian Al Jamaah : “Al Jamaah adalah sesuatu yang mencocoki Al Haq walaupun engkau sendiri (yang mengikutinya).” (Riwayat Al Laalikaiy dari Ibnu Mas’ud dalam Kitab As Sunnah dan Abu Syamah dalam Al Ba’its ‘Ala Inkari Bida’ Wal Hawaadits halaman 22 dan Ibnul Qayyim dalam Kitab Ighatsatul Lahfan halaman 1/70)

01 November 2010

rohimahulloh

Ketika orang wafat,kebanyakan masyarakat mendo'akan mayat dengan ucapan Al marhuum. Al marhuum artinya yang dirahmati. Naah,tau dari mana bahwa ia dirahmati padahal itu hal ghoib. Sedangkan tidak ada yang tau hal ghoib kecuali Alloh 'azza wa jalla.
Kita mendo'akan mereka yang telah tiada dengan ucapan 'Rohimahulloh' artinya semoga Alloh merahmati.
Al marhuum tidak sama dengan rohimahulloh. al marhuum adalah jumlah khobariyah yakni kalimat yang menyatakan berita.Jadi bagaimana tau bahwa dirahmati?jk ia bohong maka dosa besar.kalau benar,tau darimana sedangkan tiada yang tau ghoib kecuali Dzat diatas 'arsy?!
Adapun jika rohimahulloh,ia adalah jumlah insyaa-iyyah yakni mengandung harapan.nah,ini yang dimaukan oleh tiap kaum muslimin terhadap kaum muslimin lainnya di alam qubur..