Laman

بسم الله الرحمان الرحيم Ibnu Mas’ud tentang pengertian Al Jamaah : “Al Jamaah adalah sesuatu yang mencocoki Al Haq walaupun engkau sendiri (yang mengikutinya).” (Riwayat Al Laalikaiy dari Ibnu Mas’ud dalam Kitab As Sunnah dan Abu Syamah dalam Al Ba’its ‘Ala Inkari Bida’ Wal Hawaadits halaman 22 dan Ibnul Qayyim dalam Kitab Ighatsatul Lahfan halaman 1/70)

01 Januari 2011

mengatasi hipokondria


Kecemasan yang timbul karena diketahui diri kita mengidap penyakit, atau karena sebab yang lain, bisa menjadi seperti bola salju yang terus membesar. Akibatnya, semakin besar pula hasil negatif yang akan kita peroleh.


Tiga bulan terakhir ini Yunus menampilkan perubahan yang cukup besar dalam pergaulan. Ia lebih banyak murung dan tidak lagi menunjukkan semangat seperti sebelumnya kalau diajak melakukan kegiatan bersama.


Di antara kelompoknya yang terdiri dari enam orang, Yunus tergolong paling aktif dan periang. Sekarang ini bercandanya berkurang, dan sering mengeluhkan hal-hal yang dulunya bukan menjadi kebiasaannya. Keluhan ini berawal dari sejak ia dinyatakan mengalami gangguan pada tulang atau yang biasa disebut osteoporosis. Yunus yang dikenal sebagai bintang dalam tim sepakbola kampus, mengalami retak tulang di atas tumit kaki kanannya ketika diadakan pekan olahraga antar fakultas. Ia terjatuh setelah bertabrakan dengan Hendri dalam memperebutkan bola.


Ketika dibawa ke rumahsakit dan dilakukan pemeriksaan menyeluruh di klinik tulang, dokter menemukan adanya kelainan pada kondisi tulang Yunus. Ia sangat terkejut mendengar keterangan dokter dan mulai timbul pikiran-pikiran negatip mengenai masa depannya, terutama sebagai olahragawan.


Dalam sebuah kesempatan pulang bersama Yunus, Ali yang selalu mengendarai mobil sendiri ke mana-mana, menyampaikan pandangannya tentang perubahan ini kepada Yunus. Dengan nada pesimis Yunus mengungkap kecemasannya.


Sebelumnya ia tidak pernah merasakan ada masalah dengan badannya. Belakangan ini ia makin menyadari bahwa ia benar-benar menderita sakit pada semua anggauta badannya. Ini yang membuatnya semakin sedih dan cemas.


Suasana Jadi Muram

Dari sini Ali memahami apa yang menyebabkan Yunus jadi sering diam dan kurang bersemangat. Keadaan Yunus ini mengingatkan Ali pada ibunya. Sekitar dua tahun yang lalu, seorang dokter mendiagnosa ada tumor di dalam rahim ibunya.


Ali masih ingat betul peristiwa itu karena dialah yang mengantar ibunya ke dokter. Yang tidak bisa dilupakan Ali adalah ketika meninggalkan klinik, ibunya langsung terduduk lemas di mobil dan menangis tersedu-sedu. Setelah tiba di rumah dan bertemu dengan ayah dan kakak perempuannya, barulah ia tahu apa yang menyebabkan ibunya seperti itu.


Sejak hari itu ibunya jadi lebih pendiam, malas keluar rumah dan sangat murung. Suasana di dalam rumah jadi suram, serba salah dan ibu jadi sering marah. Ayah yang sudah begitu sabar bisa jadi sasaran amarah ibu untuk hal yang kecil-kecil.


Masalah sakitnya ibu ini akhirnya terdengar juga sampai ke telinga sahabat baik ayahnya, yang menganjurkan untuk memeriksakan ulang ke dokter ahli kandungan lainnya, sekadar untuk meyakinkan. Tanpa ragu-ragu ayah mengajak ibu mendatangi dua dokter ahli untuk mendapatkan pemeriksaan lebih teliti. Awalnya ibu tidak mau mengikuti ajakan ayah, karena ketakutannya sudah semakin besar. Dengan bujukan anak-anaknya, akhirnya ibu pergi juga.


Entah ini sebuah kebetulan yang baik atau apa, hasil yang kurang lebih sama telah diberikan oleh dua orang dokter ahli tadi. Menurut mereka kondisi ibu sama sekali tidak memperlihatkan gejala yang mengkhawatirkan. Pemeriksaan laboratorium maupun pemeriksaan dengan metode lain telah dilakukan dan hasilnya negatif. Artinya ibu dinyatakan dalam keadaan sehat.


Serta-merta malam itu ibu pulang dengan keadaan segar bugar dan cerah. Menurut ibu, rasa lemah, lesu dan sakit disekujur badan tiba-tiba jadi hilang sama sekali. Cara ibu berjalan yang hari-hari belakangan itu terlihat lunglai, bicaranya lemah dan nafsu makannya mulai berkurang, berubah kembali seperti keadaan ibu sebagaimana biasanya, ceriwis, gesit dan suka makan.


Gejala Hipokondria

Dari kedua contoh kasus tadi jelas sekali bahwa faktor psikologis, dalam hal ini kecemasan atau ketakutan terhadap sesuatu yang dibayangkan bisa terjadi (bukan sesuatu yang nyata) telah memberikan pengaruh sangat besar pada keseluruhan kehidupan individu.


Pengaruhnya bisa memberikan suatu penghayatan tertentu yang tadinya tidak pernah dirasakan ketika kecemasan atau bayangan itu belum ada. Kecemasan seperti ini dapat menghadirkan perasaan sakit seperti penyakit, yang sebenarnya tidak sedang sakit.


Atau sebaliknya kalau pun sedang menderita sakit, penghayatan terhadap penyakitnya semakin kuat. Gejala semacam ini sering disebut hipokondria. Namun demikian pengaruh kecemasan tidak hanya berkaitan dengan sakit-penyakit.
Kecemasan dalam menghadapi peristiwa tertentu yang menimbulkan ketakutan karena adanya bayangan akan akibat dari peristiwa tersebut, juga dapat menghadirkan akibat-akibat seperti sakit perut, pusing sesaat, berkeringat dingin, dan semacamnya.


Bayangan Tak Perlu

Adalah wajar bahwa setiap orang akan merasa cemas kalau mengetahui atau mendengar ‘vonis’ dokter bahwa ia menderita suatu penyakit yang serius, yang mangancam keselamatan hidupnya. Tidak satu orangpun mengalami kebahagiaan mendengar atau mendapati bahwa ia sakit. Mau tidak mau perasan cemas akan datang menghampiri.
Persoalannya adalah bahwa, ada kecemasan yang muncul karena pemikiran atau bayangan yang tidak perlu (karena masih merupakan perkiraan) dan ada kecemasan yang muncul karena kenyataan memang sesuai dengan yang tidak diinginkan (seperti pada kasus Yunus).


Kecemasan yang sebenarnya tidak perlu biasanya bisa hilang ketika seseorang menemukan kenyataan bahwa pikiran atau bayangannya ternyata keliru. Dan ini diperoleh karena ia bisa menemukan fakta yang sama sekali berbeda dengan bayangan yang ditakutkannya.


Di lain pihak kalau yang dicemaskan memang suatu kenyataan, maka untuk mengatasinya diperlukan seseorang (kalau perlu ahli) yang dapat membantunya menerima kenyataan tersebut. Dengan menerima kenyataan seseorang akan terbantu mengurangi kecemasannya